15 September, 2016

SUNNAH RASUL 004

MEMAKAN MAKANAN DENGAN TANGAN

Diantara Sunnah Rasul SAW adalah makan makanan dengan menggunakan tangan kanannya. Rasul SAW memakan makanan dengan menggunakan 3 jari, setelah itu menjilati ke-3 jari yang telah digunakan untuk makan sebelum kemudian membersihkannya. Kemudian apabila ada satu suap makanan yang terjatuh dari tangan Rasul SAW, maka Rasul SAW tidak akan membiarkan atau meninggalkan makanan tersebut melainkan Rasul SAW mengambilnya dari tanah, kemudian membersihkan makanan tersebut kemudian memakannya.

Aktivitas yang dilakukan Rasul SAW ini sesuai dengan sabda Rasul SAW, "Jika satu suap makanan salah seorang diantara kalian jatuh, ambillah, lalu bersihkan kotorannya, jangan biarkan untuk setan. Jangan membersihkan tangannya dengan sapu tangan, namun jilatlah jari-jarinya karena dia tidak mengetahui bagian mana dari makanannya yang mengandung keberkahan." (Hadits Riwayat Muslim).

Ternyata apa yang telah disabdakan oleh Rasul SAW, di jaman yang modern ini mulai terlihat rahasia didalamnya, yang ternyata cukup membuat orang tercengang. Dalam situs Healthier way of life dan dalam situs paparetta, dijelaskan manfaat dari memakan makanan menggunakan tangan:

Mencegah terjadinya Diabetes tipe 2
Dengan memakan makanan dengan menggunakan tangan, maka aktivitas makan berjalan lebih lambat, jika menggunakan sendok, garpu atau pisau, maka aktivitas kecepatan memakan makanan menjadi lebih tinggi. Bagi orang yang memakan makanan dengan cepat resiko terkena Diabetes tipe 2 lebih tinggi dibandingkan dengan orang-orang yang memakan makanan dengan lebih lambat.

Meningkatkan kinerja sistem pencernaan
Saat kita  memakan makanan dengan tangan kanan, maka sensor-sensor syaraf yang ada di tangan akan mengirimkan sinyal-sinyal menuju ke otak kepala untuk kemudian dianalisis oleh otak untuk mempersiapkan sistem pencernaan terhadap jenis makanan yang masuk ke pencernaan, apakah jenis makanan padat atau lembut, makanan panas atau dingin, sehingga mengurangi keterkejutan sistem pencernaan dalam mencerna makanan yang masuk.

Mencegah Kegemukan
Memakan makanan dengan tangan membuat aktivitas makan menjadi lambat, dengan tempo yang cukup lama dan membuat lebih fokus, sehingga membuat cepat kenyang daripada makan cepat, sehingga bisa mengetahui kapan saatnya untuk berhenti.

Lebih menyehatkan
Memakan makanan dengan menggunakan tangan ternyata lebih menyehatkan, karena di dalam tangan manusia terdapat enzim yang berguna, enzim yang bernama RNase ini ternyata mempunyai sifat menguntungkan, yaitu dapat mengikat bakteri. Sehingga aktivitas bakteri  yang masuk ke dalam tubuh sangat rendah saat masuk bersama makanan di dalam saluran pencernaan. Adapun tujuan utama dari enzim RNase tersebut adalah digunakan dalam aktivitas analisis genetik, yang bertujuan untuk mendegradasi RNA, yang mana pada akhirnya yang tinggal dari sebuah sel hidup adalah DNA-nya. Enzim RNase tersebut ternyata selalu ada/terkandung dalam jari-jari dan telapak tangan manusia, sehingga saat proses menyuapkan makanan dengan menggunakan tangan ke dalam saluran pencernaan akan diikuti masuknya enzim tersebut yang bisa mengikat sel bakteri agar aktivitasnya menjadi rendah

No comments:

Post a Comment