07 September, 2016

SUNNAH RASUL 003

SUNNAH BERSIN

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda:

إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلْ الْحَمْدُ لِلَّهِ وَلْيَقُلْ لَهُ أَخُوهُ أَوْ صَاحِبُهُ يَرْحَمُكَ اللَّهُ فَإِذَا قَالَ لَهُ يَرْحَمُكَ اللَّهُ فَلْيَقُلْ يَهْدِيكُمُ اللَّهُ وَيُصْلِحُ بَالَكُمْ

“Ababila salah seorang dari kalian bersin, hendaknya dia mengucapkan, “ALHAMDULILLAH” sedangkan saudaranya atau temannya hendaklah mengucapkan, “YARHAMUKALLAH (semoga Allah merahmatimu). Jika saudaranya berkata ‘YARHAMUKALLAH’ maka hendaknya dia berkata, “YAHDIKUMULLAH WA YUSHLIH BAALAKUM (semoga Allah memberimu petunjuk dan memperbaiki hatimu).” (HR. Al-Bukhari no. 6224 dan Muslim no. 5033)


Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu dia berkata:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا عَطَسَ غَطَّى وَجْهَهُ بِيَدِهِ أَوْ بِثَوْبِهِ وَغَضَّ بِهَا صَوْتَهُ

“Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersin, beliau menutup wajahnya dengan tangan atau kainnya sambil merendahkan suaranya.” (HR. Abu Daud no. 5029, At-Tirmizi no. 2745, dan dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ no. 4755)

Dari Abu Musa Al-Asy’ari radhiallahu anhu dia berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَحَمِدَ اللَّهَ فَشَمِّتُوهُ فَإِنْ لَمْ يَحْمَدْ اللَّهَ فَلَا تُشَمِّتُوهُ

“Bila salah seorang dari kalian bersin lalu memuji Allah maka tasymitlah dia. Tapi bila dia tidak memuji Allah, maka jangan kamu tasymit dia.” (HR. Muslim no. 2992)
Tasymit adalah mengucapkan ‘YARHAMUKALLAH’.


Sebenarnya bersin juga memiliki manfaat, yakni menjaga agar hidung tetap bersih, bersin yang terjadi berulang kali diharapkan dapat membantu upaya pembersihan dalam rongga hidung.
Tanpa disadari, pada saat tertentu seringkali kita menahan bersih. Tapi sebaiknya jangan melakukan hal tersebut, karena bisa berbahaya. 
Karena kecepatan bersin yang dimiliki manusia adalah 161 km/jam, sehingga jika seseorang menahan untuk bersih maka tubuh harus menahan kecepatan tersebut secara tiba-tiba. Hal ini tentu saja mempengaruhi fungsi tubuh yang menyebabkan kuman yang seharusnya dikeluarkan malah masuk kembali.

Dr. Michael Roizen, kepala Wellness Officer Cleveland Clinics, berkata “bersin merupakan kegiatan yang positif karena memiliki fungsi membersihkan faring (rongga antara hidung, mulut dan tenggorokan) dan ini adalah hal yang baik, sedangkan menahan bersin justru berbahaya karena dapat menimbulkan beberapa resiko.” Ada beberapa  bahaya yang bisa ditimbulkan jika seseorang menahan bersih yaitu:

1. Menyebabkan patah tulang di tulang rawan hidung
2. Mimisan
3. Pecah gendang telinga
4. Gangguan pendengaran dan vertigo
5. Retina yang terlepas atau mengalami Emfisema

Hal ini dikarenakan tubuh berusaha menahan kecepatan dari bersin yang mencapai 161 km/jam. Cedera yang timbul umumnya mempengaruhi struktur bagian dalam kepala. Emfisema adalah suatu kondisi yang bisa menyerang anak-anak atau orang dewasa, kondisi ini sangat berbahaya dan berpotensi mematikan karena dapat membatasi pasokan udara. Tanda-tanda yang muncul biasanya wajah atau leher yang membengkak dan timbul rasa ketidaknyamanan. Untuk membantu sesorang agar mudah bersin bisa dengan cara melihat cahaya terang, hal ini dapat merangsang saraf optic yang melintasi jalur pusat bersin. Selain itu iritasi yang terjadi di saraf dekat pusat bersin juga bisa memicu seseorang untuk bersin.

Saat seseorang bersin biasanya diikuti oleh keluarnya bakteri atau kuman dari dalam tubuh. Hal ini berguna untuk menjaga hidung agar tetap bersih, karena seringkali bersin terjadi secara berulang-ulang. Jangan pernah menahan menahan bersin untuk menghindari beberapa resiko tersebut. Tapi jangan lupa untuk menutup mulut dan hidung dengan tangan, tisu, sapu tangan atau lekukan lengan saat bersin, agar bakteri dan kuman yang keluar tidak membahayakan orang lain. Jika infeksi makin parah, kondisi ini bisa menyebabkan pecahnya gendang telinga yang berujung pada kehilangan pendengaran. Saluran hidung dan mulut yang menjadi sarana pengeluaran bersin berhubungan dengan telinga. Bersin sebenarnya berguna untuk menjaga agar hidung tetap bersih, karena udara yang berhembus kuat dengan masuk melalui hidung dan mulut, sehingga membantu membersihkan area hidung dan mulut.

Jadi dengan anjuran dalam Islam untuk mengucap Alhamdulilah (Segala Puji Bagi Alloh SWT) setelah bersin, menunjukkan bahwa kita sebagai manusia harus bersyukur dengan memuji Alloh SWT, karena dengan bersin, bakteri dan kuman yang membahayakan tubuh bisa hilang/berkurang di dalam tubuh kita, dan ini sudah dibuktikan dengan teknologi saat ini.




sumber:MU,google, wikipedia, dll

No comments:

Post a Comment