Thursday, September 8, 2016

SUNNAH RASUL 001

LARANGAN KENCING SAMBIL BERDIRI Umat Islam dianjurkan mengikuti Sunnah Nabi Muhammad SAW, Karena banyak manfaat dan rahasia-rahasia yang... thumbnail 1 summary

LARANGAN KENCING SAMBIL BERDIRI

Umat Islam dianjurkan mengikuti Sunnah Nabi Muhammad SAW, Karena banyak manfaat dan rahasia-rahasia yang bisa diketahi dengan menjalankan sunnah nabi. Salah satunya adalah masalah buang air kecil/kencing. Kencing sudah bukan suatu hal yang asing lagi bagi umat manusia. Setiap manusia melakukan aktivitas ini untuk mengeluarkan sisa-sisa metabolisme tubuh (mengeluarkan kotoran tubuh). Dalam melakukan aktivitas inipun kita dituntut melakukannya dengan benar dan sesuai aturan.

Dari Aisyah RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW tidak pernah kencing sambil berdiri semenjak diturunkan kepadanya Al-Qur’an. Tentu, ada rahasia di balik sunnah Rasulullah SAW buang air tidak berdiri.
larangan kencing berdiri
Berikut manfaat buang air kecil dengan jongkok bagi kesehatan pria:
  1. Saat buang air kecil dengan posisi jongkok sempurna kandung kemih akan tertekan dan memicu keluarnya seluruh urin dari tubuh tanpa sisa. Kandung kemih yang kosong dapat membantu mengurangi resiko kanker prostat. Untuk mengosongkan kandung kemih, saat buang air seni usahakan batuk-batuk kecil supaya kandung kemih lebih tertekan dan urin bisa keluar semua
  2. Biasanya saat buang air seni dengan posisi jongkok sering disertai dengan buang gas, dengan begitu kita telah membuang metabolism tubuh berupa air dan gas, kondisi ini sangat jarang terjadi bila kita kencing dengan posisi berdiri
  3. Buang air kecil dengan posisi berdiri tidak akan menekan kandung kemih sehingga masih ada urin yang tertinggal dalam tubuh. Hal ini tentu saja dapat menimbulkan berbagai macam penyakit akibat masih tertinggalnya sisa metabolisme tubuh. Makin sering urin yang tersimpan dalam tubuh maka makin meningkat pula resiko terkena batu kandung kemih.
    penyebab kencing batu

Dengan terbuktinya kebenaran ilmiah dari setiap ajaran Rasulullah membuktikan bahwa ajaran beliau adalah ajaran yang benar, beliau memang benar-benar utusan Alloh SWT, tidak ada keraguan atas kebenarannya bagi orang-orang yang berpikir, bagaimana bisa seorang yang ummi (buta huruf) bisa mengetahui hal seilmiah itu yang baru bisa dibuktikan kebenaran dan hikmah dibaliknya secara medis 14 abad kemudian sejak jaman beliau masih hidup.

Secara medis kencing berdiri adalah penyebab utama penyakit kencing batu pada semua penderita penyakit tersebut dan merupakan salah satu penyebab penyakit lemah syahwat bagi sebagian pria.
Secara agama, kebanyakan orang yang biasanya kencing berdiri kemudian mereka akan mendirikan sholat, ketika akan ruku’ atau sujud maka terasa ada sesuatu yang keluar dari kemaluannya, itulah sisa air kencing yang tidak habis terpancar ketika kencing sambil berdiri, apabila hal ini terjadi maka sholat yang dikerjakannya tidak sah karena air kencing adalah najis dan salah satu syarat sahnya sholat adalah suci dari hadats kecil maupun hadats besar.

Karena sisa-sisa air dalam pundi-pundi yang tidak habis terpancar menjadikan kelenjar otot-otot dan urat halus sekitar zakar menjadi lembek dan kendur. Berbeda dengan buang air sambil jongkok, dalam keadaan bertinggung tulang paha di kiri dan kanan merenggangkan himpitan buah zakar. Ini memudahkan air kencing mudah mengalir habis dan memudahkan untuk menekan pangkal buah zakar sambil berdehem-dehem. Dengan cara ini, air kencing akan keluar hingga habis, malahan dengan cara ini kekuatan sekitar otot zakar terpelihara.


Ketika buang air kencing sambil berdiri ada rasa tidak puas, karena masih ada sisa air dalam kantong dan telur zakar di bawah batang zakar. Berkemungkinan besar menyebabkan kencing batu. Kenyataan membuktikan bahwa batu karang yang berada dalam ginjal atau kantong seni dan telur zakar adalah disebabkan oleh sisa-sisa air kencing yang tidak habis terpancar. Endapan demi endapan akhirnya mengkristal/mengeras seperti batu karang, yang merupakan awal dari penyakit kencing batu.

bayi imut tertawa

Dengan mengamalkan sunnah-sunnah Nabi SAW, kita tentu saja mendapat ridho dari Alloh SWT dan membuat bangga  dan disenangi Nabi SAW, disamping mendapat keuntungan-keuntungan lain, diantaranya adalah kesehatan.


Tentu saja Nabi SAW mengharapkan umatnya selama di dunia merupakan sosok-sosok yang sehat jasmani dan rohani.






sumber: MU,google, wikipedia,dll

No comments

Post a Comment